Guitar Hero? Sapa sih yang ga kenal ama game yang super duper bandel ini, dahsiat emangnya ge, gue aja yang baru kenal ama game ini langsung cedera jatuh dari pesawat setelah baca keyboard moderatornya(ok gue belebihan).

Awalnya, seorang temen yang kebetulan teman SMA, yang kebetulan kuliah di bandung sekarang, yang kebetulan pernah tukeran no HP ama gue, yang kebetulan, huff ok, yang jelas namanya Friko Simanjuntak, seorang programer yang punya laptop(normal kali ya) pernah nunjukin game tersebut diatas ama gue, finally smua orang udah tidur gue masih konsentrasi ngaprek-aprek(ok, ini kata baru yang gue karang, artinya? Gue ga tahu) hingga begadang ampe pagi(sampai saat ini gue blm tahu ada istilah begadang dari pagi ampe sore(itu begadang bukan ya namanya)). Keyboard. Ya itu adalah pelampiasan kita untuk membayangkan miyabi, ups oh bukan, maksut gue untuk membayangkan seakan keyboard itu adalah gitar, dia udah setting dengan urutan tombo 1,2,3,4,5 untuk senar Ijo, Merah, Kuning, Biru, dan Oreng. Dan (-) untuk strum down, dan ({) untuk strum up, dan = untuk star power, dan 0 untuk wammy. Bermain abis-abisan, ampe gue sendiri bawa tuh game ke kostan. Tetep ga bisa behenti main, bahkan pas motor gue ilang waktu itu, gue masih sempatin main guitar hero III sebelum gue laporin ke polisi (ini serius, makanya kamar kostan sebelah ngoceh-ngoceh ga jelas liat tingkah gue).

Dan akhirnya, tingkat hard pun gue jajal, jreng… agrrrrrrrrrr,,, ini adalah salah satu kelemahan menggunakan keyboard sebagai guitar, udah ga punya tali senar, maximal penekanan tombol dalam satu kali tekan Cuma 3 doang, lah klo udah level hard, rata-rata penggunaan tombol kan bisa ampe 4, itu belum diitung strum nya loh. Jadi finally gue belum sempat nyampe level exvert hingga akhirnya gue gagal melewati lagu One, satu lagu sebelum lagu duet bareng Law(tahu dia kan? Itu loh, monster kambing yang punya gitar keluar dari dalam tanah itu loh, yang jelas bos terakhir guitar hero lah. :D )

Penasaran gue semakin mendalam saat gue tumbuh dewasa bersama sherina. dan gue pun mencoba belajar jurus spending money day, dimana gue abisin buat beli peralatan buat oprak aprik yang mungkin bisa bikin komputer gue jadi super hero(eee, sedikit lebay, yang maksut gue sih bisa mainin Guitar Hero III menggunakan Guitar Hero Controller miliknya PS 2 gitu). So here what i do (ia gue tahu, ini gramernya rusak).

Step 1 :
Siapkan kopi, rokok(bagi yang merokok), biskuit, sprit, dan jangan lupa pake baju.. angkat jemuran(sapa tahu nanti ujan kan ngeganggu).

Step 2 :
Ada beberapa hal yang harus ada, sebelum prosesi eksekusi ini dimulai. Seperti DVD Guitar Hero III(gue pake yang ini), Guitar Hero Controller PS2 (Beli di Jambu Dua Bogor harganya 300.000, abis nawar pake piso cukur) Connector Slot PSX-2 to USB(cukup murah, Cuma 45.000 di jambu juga, tapi bukan ditempat beli Guitar Hero Controllernya loh).

Ini guitar hero controller punya gue :

Photobucket

And ini conection slot PSX-2 to USB

Photobucket

yang itu tangan gue loh :D

Step 3 :
Selanjutnya, install Guitar Hero III di komputer, secara normal. Trus colokin Guitar Hero Controller dengan conection slot PSX-2 to USB, n konekin ke komputer. Secara otomatis seharusnya Stick tersebut langsung otomatis terinstall. Kalo belum terinstall juga, hmm coba install dari cd bawaan connector PSX-2 to USB, klo punya gue sih langsung keinstall tuh.

Step 4 :
setelah semuanya terintall, sekarang kita cek, apakah controller itu sudah berfungsi dengan baik atau belum. Ok dalam kasus ini gue menggunakan windows 7, so langkah untuk mengeceknya adalah dari start, langsung aja ketik set up USB Controller. Tapi kalo menggnakan windows xp, coba lewat control panel, trus masuk ke Game Controller.

Kemungkinan besar tampilannya menjadi seperti ini, tapi mungkin lain kalo elo menggunakan windows syuaa(walopun gue ga yakin windows mau mengeluarkan windows syuaa edition)

Photobucket

Jangan khawatir, ato bahkan panik, ato mungkin teriak-teriak dikamar lo, ketika melihat Axes langsung berada disebelah kiri, itu wajar, itu normal dan itu pertanda baik buat lo, karena gue juga seperti itu. Sekarang kita melakukan percobaan untuk mengenali tombol-tombol guitar hero controller. Tekang masing-masing tombol untuk mengetahui nomor tombolnya, itu mungkin akan keluar di lotre minggu depan. Kalo hasil gue seperti ini ;

Ijo : 6
Merah : 2
Kuning : 1
Biru : 3
Orange : 4

Strum Up : Axes Naik
Strum Down : Axes Turun
Select : 9
Start : 10
Whammy : Axes Naik(Nah ini yang ga normal, jadi silahkan anda khawatir, panik, ato silahkan aja teriak-teriak sendiri dikamar, resiko ditanggung pribadi, fungsinya sama kyak Strum Up)

Step 5 :
Setelah gue melakukan percobaan langsung main guitar hero menggunakan controller gue, ternyata hasilnya blank, alias ga bisa digunakan itu controller, gue sempat shock, kaget, dan laper. Dan gue baru tahu kalau guitar hero III versi komputer tidak bisa detek hardware dari luar seperti guitar hero controller PS. Tapi tetap bisa menggunakan keyboard untuk bermain. So untuk memanipulasinya, gue menggunakan software bantuan, gue menggunakan joytokey, konon katanya software ini berfungsi untuk mengubah input joystick menjadi tombol keyboard, ckrling, nah ini adalah suatu peluang bisnis besar buat gue untuk memenangkan batle dengan Law.

Coba download softwarenya di http://www.electracode.com/4/joy2key/JoyToKey%20English%20Version.htm
Kalo link nya udah ga bisa lagi, kirimi gue faximili aja biar gue kasih link yang lainnya yang mungkin masih normal.

Nah setelah mengetahui kode tombol guitar gue, sekarang tinggal seting biar tombol gue sesuai dengan tombol keyboar untuk memainkan guitar hero. Sekedar perbandingan aja, kalo gue di guitar hero menggunakan tombol seperti ini dalam settingannya, klo lo beda silahkan saja, toh kita negara demokrasi kok.

Hijo : 1
Merah : 2
Kuning : 3
Biru : 4
Orange : 5

Strum up : Back Space
Strum down : -
Power : M
Whammy : A

Sebagai bahan acuan bahwa fungsi whammy di guitar hero controller sama fungsinya ama strum up, itu artinnya wammy tidak bisa digunakan dengan normal nantinya, dan ampe saan ini gue masih belum tahu gimana cara menormalkan hal ini. Tapi ga papa, gue bisa gunakan yang lain.

Kemudian, pada joytokey, gue setting menjadi seperti ini :

Photobucket

Ok ga usah komentar, gue tahu, gue adalah pengguna photoshop crop paling hancur. Tapi yang penting kan bisa dimengerti. Ga ngerti? Oh ya udah, saya keluar dari organisasi designer muda dan kreatif. L

Step (eee brapa ya,,, ah yang penting step selanjutnya (males scroll page mode on))
Pastikan joytokey tetap nyala dan here we rock. Eit tunggu dulu, pada option control pada guitar hero, seting semua biar matching ama setingan, dikarenakan fungsi power ama wammy tidak ada/bisa pada controller ini, maka gue menggunakan select sebagai power, dan start sebagai wammy. And its time to rock. Here we go… ingat selalu untuk menyalakan joytokey sebelum memainkan game ini. Here we fight with Law.