Riky Kurnia

Tempatnya Nongki Online !

Sumsel Menuju Kota Maju dan Kota Multimedia

Sumatera Selatan? Ya! Pasti orang sudah tau dan hafal dengan Provinsi satu ini. salah satu Provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di bagian selatan pulau Sumatera ini banyak menyimpan keaneka ragaman Bahasa, Kekayaan sumber Daya Alam, Kerajinan, Budaya dan Kesenian , serta juga dari pariwisata dan kulinernya.
Dimulai dari  kerajinan budaya dan kesenian seperti Songket yang terkenal akan benang benang emas yang dipadukan dengan motif yang indah, bukan hanya itu saja adapun seni ukir dari sumatera selatan yang juga banyak diminati wilayah lokal bahkan sudah sampai ke mancanegara. Kemudian dari kepariwisataan di Sumatera selatan yang cukup diminati diantaranya Sungai musi, yang sangat menarik jika berwisata disini bisa menikmati motor boat, river resto , warung legenda, sampai berkeliling menggunakan sekoci (speed boat) ke pulau kemarau. selain sungai musi juga ada Masjid Agung, tempat paraseling di pagar alam dan banyak lagi tempat wisata lainnya. dan yang paling dikenal di teliga orang Indonesia dari Sumatera Selatan adalah makanannya. Apa ya,? apa lagi kalau bukan Pempek (Empek-Empek) makanan satu ini adalah makanan khas Sumatera Selatan tetapi bukan makanan pokok. ada juga makanan lainnya seperti model, tekwan, mie celor , pindang, climpungan dan banyak lagi. dari potensi kesenian, kerajinan, pariwisata serta makanan. sudah hampir cukup untuk membantu perekonomian dengan berwirausaha. tetapi potensi tertinggi untuk membantu perekonomian Sumatera selatan adalah Potensi sumber daya nya.


Ya ! Potensi sumber daya di sebuah daerah adalah salah satu peranan penting dalam menentukan pencapaian sektor ekonomi disuatu daerah tersebut. kekayaan alam yang potensial ini selalu mengalami kemajuan dan penurunan dari tahun ketahun , ini disebabkan karena terbatasnya lahan serta bertambahnya jumlah penduduk . Dalam meningkatkan produksi potensi alam didaerah Sumatera Selatan , pemerintah harus lebih cermat dan efektif dalam memanfaatkan kekayaan sumber daya ini dan agar tak tersia-siakan. Salah satu program yang sudah dijalankan pemerintahan adalah menawarkan kekayaan Bumi Sriwijaya dengan investor asing yang tak lain tak bukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat daerah ini. Hal tersebut terbukti Sumsel bisa menjadi sorotan dunia khususnya di Asia telah menjadi tuan rumah Sea Games XXVI yang bisa memicu para investor asing mau menanamkan Saham Modal untuk Sumatera selatan.

Bahkan luar biasanya, sumber daya alam dari daerah ini adalah salah satu terbesar di Indonesia yaitu, energi primer. Potensi ini antara lain adalah batu bara, minyak bumi, gas bumi, panas bumi, dan gas metan




*. Statistik Potensi energi primer di Sumatera Selatan



Nama Energi
Perkiraan
Cadangan Energi
Perkiraan
Energi yang telah digunakan
Peringkat Produsen energi
Batu Bara
22,24 -40 M Ton
 11-12 Ton/tahun
1 (Indonesaia)
Gas Bumi
24,18 Triliun
0,29 % dari Stok
2 (Indonesia)
Minyak Bumi
754, 4 Metric stock
22,93 MMSTB
5 (Indonesia)
Panas Bumi
1.335 MW
0,29%
1 (dunia)







Pemerintah Sumsel telah membuat kesepakatan antara singapura dan  hongkong untuk menyuplai energi untuk listrik negara tersebut, dalam jangka 2 tahun kedepan tetapi ternyata daerah Sumsel saja pun sering kekurangan suplai daya listrik dan sering adanya pepadaman listrik secara bergilir. Hal tersebut sering dipertayakan kenapa itu terjadi di daerah kaya energi ini, apakah alat dan sumber daya manusianya kurang mampu.?

Daerah terkaya No. 5 Indonesia ini sebenarya kaya akan sumber daya terutama sumber daya alamnya hanya saja kendala dalam pemanfaatnya adalah alat atau dana untuk mengolah sumber daya ini masih kurang, contohnya batu bara hanya mengadalkan transportasi laut itupun kurang dari standar karena itulah pemerintah terus berharap dan membuka untuk investor asing dapat bekerja sama dengan pemerintahan sumsel demi tercapaianya perekonomian Sumatera selatan yang lebih baik.

Sumber daya manusia di daerah ini, adalah salah satu contoh provinsi sukses dalam pendidikan contohnya para wakil-wakil Indonesia dalam olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Banyak berasal dari Sumatera Selatan dan menjuarai kejuaraan tersebut. salah faktor suksesnya mereka dalam mengali ilmu pendidikan lebih adalah di teknologi internet. sayangnya masih banyak juga daerah yang belum mendapatkan era-moderan pendidikan dalam teknologi khusunya Internet. Ya, terbatasnya ekonomi dan jangkauan jauh dari kota bisa mempengaruhi perkembangan teknologi Internet. padahal internet sekarang bisa juga dikatakan kebutuhan pokok para pelajar dan mahasiswa dalam mengali ilmu lebih banyak lagi dengan melalui dunia digital satu ini. upaya pemerintah dalam memperhatikan masalah ini nampaknya sudah menjadi sorotan.

Sebenarnya Pemerintah Sumatera selatan telah mengeluarkan program adanya Wifi di area* di tempat wisata bersantai dengan mengajak pihak ke tiga di daerah tersebut, misalnya kambang iwak. namun sayangnya banyaknya penikmat akses internet terlalu banyak dan jangkauanya pun jauh membuat banyak masyarakat belum bisa menikmati ini. Hal ini sudah terpikirkan pemerintah untuk meningkatkan dan memperluas Area Akses internet, yang baru baru ini pemerintahan telah membuat program "Sumsel Wifi Area*"dimana masyarakat daerah ini dapat mengaksesnya di tempat layanan publik, seperti taman kota tempat olaharaga, terminal bus, pusat pusat perbelanjaan moderen, kampus, sekolah dan tempat lainnyadengan adanya program ini diharapkan seluruh masyarakat sumsel bisa menikmati teknologi ini, dengan Laptop, gadget dan alat lainnya yang berfasilitas Wifi dan pastinya program ini ditujukan untuk perkembangan IPTEK dalam Teknologi dan tidak gagap lagi dalam teknologi informasi demi meningkatkan kreatifitas dan pendidikan anak bangsa supaya bisa lebih berkembang dan berprestasi.

WiFi gratis di Sumsel. [google]


Daftar pustaka :




Comments
0 Comments

0 komentar:

Sumsel Menuju Kota Maju dan Kota Multimedia